Contoh Lap.PKP/PKM

Contoh PKP
Karya: Marta Mahdalena (Mahasiswa UT smter 10 Thn 2013.1)

BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN PENELITIAN
A.    Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian
1.      Subjek Penelitian
Penelitian dilaksanakan di Kelas V A SD Negeri Sukaharja 01 Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Siswa dikelompokkan berdasarkan kecerdasannya menjadi 3 karakter, yaitu siswa dengan kemampuan rendah, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan tinggi. Siswa dengan kemampuan rendah berjumlah 22 siswa, kemampuan sedang berjumlah 15 siswa, dan siswa dengan kemampuan tinggi berjumlah 7 siswa.
2.      TempatPenelitian
Tempat penelitian adalah di SD Negeri Sukaharja 01, Kampung Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. SD Negeri Sukaharja 01 dipilih sebagai tempat penelitian karena peneliti sebagai salah satu tenaga pendidik di sekolah itu. Sehingga peneliti dapat melakukan penelitian dengan efisien baik tenaga, dana, maupun waktu agar penelitian dapat terlaksana secara efektif dan efisien.
3.      Waktu Penelitian dan Lama Penelitian
Peneliti melaksanakan penelitian atau perbaikan pembelajaran ini secara berturut-turut sebagai berikut:
Tabel 3.1
Waktu Penelitian

No
Siklus
Hari/Tanggal
Waktu
Kegiatan
1.
Pra Siklus
7 Februari 2013

10.00-10.35
Pelaksanaan Pembelajaran
2.
Siklus 1
14 Februari 2013

10.00-10.35
Perbaikan Pembelajaran ke-1.
3.
Siklus 2
21 Februari 2013

10.00-10.35
Perbaikan Pembelajaran ke-2.
Text Box: 11
B.   Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
1.  Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
Tabel 3.2
Desain prosedur perbaikan pembelajaran

Siklus
Tahapan Penelitian
Kegiatan
Siklus 1
Perencanaan:
Indikasi Masalah dan penetapan alternatif pemecahan masalah
v  Menentukan analisis
v  Menentukan rumusan masalah
v  Membuat Perbaikan Pembelajaran
v  Menentukan Metode yang sesuai
v  Membuat format pengamatan
v  Membuat Lembar Kerja Siswa ( LKS )
v  Membuat alat evaluasi
v  Membuat format penilaian.

Siklus
Melaksanakan rencana perbaikan pembelajaran.

Observasi
v  Meminta kepada Supervisor 2 untuk mengobservasi proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan mendiskusikannya
v  Mengisi format observasi

Refleksi
v  Melaksanakan evaluasi dari hasil pembelajaran
v  Melakukan diskusi dengan Supervisor  2 dari hasil pengamatan
v  Membuat rencana perbaikan pembelajaran untuk siklus berikutnya.
Siklus 2
Perencanaan Indikasi Masalah dan penetapan alternatif pemecahan masalah.
v  Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran
v  Menyiapkan media gambar sesuai tema
v  Membuat format pengamatan
v  Membuat LKS


Siklus
Melaksanakan rencana perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media kartu gambar dan metode Make A-Match


Observasi
v Meminta kepada Supervisor 2 untuk mengobservasi proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan mendiskusikannya.
v Mengisi format observasi
v Mengumpulkan hasil observasi dari siklus 1 dan siklus 2.


Refleksi
v Melakukan evaluasi


Kesimpulan dan saran.

2.    Rencana Perbaikan Pembelajaran
a.      Tahapan Perencanaan
Sebagai bidang garapan perbaikan yang termasuk dalam perencanaan adalah identifikasi masalah dan penetapan alternatif pemecahan masalah. Untuk perencanaan berupa persiapan yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1)      Penulis terlebih dahulu menentukan analisis.
2)      Penulis menentukan rumusan masalah.
3)      Penulis membuat rencana perbaikan pembelajaran.
4)      Penulis menentukan metode yang sesuai dengan pembelajaran.
5)      Penulis membuat / menggunakan alat peraga yang sesuai.
6)      Penulis membuat format pengamatan.
7)      Penulis membuat Lembar Kerja Siswa ( LKS ).
8)      Penulis membuat alat evaluasi berupa soal-soal.
9)      Penulis membuat format penilaian untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa pada materi yang telah diajarkan.
   Untuk menetapkan alternatif pemecahan masalah penulis melakukan kegiatan sebagai berikut.
1)      Guru dalam menjelaskan harus jelas.
2)      Guru dalam menerangkan harus banyak memberi contoh.
3)      Guru harus menggunakan alat peraga yang sesuai dan konkret.
4)      Guru harus menggunakan metode yang sesuai.
5)      Guru memberikan motovasi kepada siswa untuk lebih percaya diri.
6)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.
7)      Guru memberikan penguatan kepada siswa.
8)      Guru membimbing siswa dalam pembelajaran.
9)      Guru melakukan tindak lanjut bagi siswa yang belum menguasai.
b.      Tahapan Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan rencana perbaikan yang meliputi kegiatan:
1)      Pelaksanaan perbaikan siklus 1
Kegiatan Awal ( 5 menit )
Ø  Apersepsi
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah diberikan, yaitu   tentang jenis- jenis batuan. Ayo, siapa yang masih ingat, ada berapa jenis batuan berdasarkan prosesnya? Batuan apakah yang disebut juga batuan endapan? Coba, sebutkan 2 contoh batuan sedimen yang kalian tahu?
Ø  Motivasi
Menyanyikan gubahan lagu Gundul-gundul Pacul tentang Batuan
Jenis-jenis batuan...
Yang ada di bumi
Ada batuan beku, sedimen, malihan
Batu Beku Obsidian Granit Apung
Batu Sedimen Breksi Pasir Konglomerat
Batu Malihan itu
Pualam Sabak dan Kuarsa
Bisa juga disebut
Batuan Metamorf
Semuanya harus kita ketahui
Agar mudah untuk mengelompokkan
Kegiatan Inti ( 25 menit )
Ø  Eksplorasi
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen.
·         Siwa mendapatkan beberapa kartu gambar batuan.
·         Siswa mengelompokkan berbagai batuan berdasarkan permintaan guru. Misalkan guru meminta siswa mengambil contoh batuan beku, maka siswa mengambil gambar salah satu contoh batuan beku dan menunjukkannya kepada guru. Atau guru membacakan ciri-ciri dari batuan, lalu siswa mengambil gambar batuan sesuai dengan ciri yang disebutkan guru.
Ø  Elaborasi
·         Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang ciri-ciri batuan menggunakan gambar di depan kelas.
·         Siswa mendapatkan LKS.
·         Siswa mengerjakan LKS
Ø  Konfirmasi
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi yang baru saja diberikan.
·         Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang diberikan.
·         Siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru diberikan reward
Kegiatan Akhir ( 5 menit )
Ø  Penguatan
·      Menjelaskan kepada siswa tentang materi batuan dengan kehidupan sehari-hari siswa, agar siswa nantinya lebih bijak mengelola sumber daya alam pemberian Tuhan.
2)      Pelaksanaan Perbaikan Siklus 2
Kegiatan Awal ( 5 menit )
Ø  Apersepsi
Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah diberikan, yaitu   tentang jenis- jenis batuan. Ayo, siapa yang masih ingat, ada berapa jenis batuan berdasarkan prosesnya? Batuan apakah yang disebut juga batuan endapan? Coba, sebutkan 2 contoh batuan sedimen yang kalian tahu?
Ø  Motivasi
Menyanyikan gubahan lagu Gundul-gundul Pacul tentang Batuan
Jenis-jenis batuan...
Yang ada di bumi
Ada batuan beku, sedimen, malihan
Batu Beku Obsidian Granit Apung
Batu Sedimen Breksi Pasir Konglomerat
Batu Malihan itu
Pualam Sabak dan Kuarsa
Bisa juga disebut
Batuan Metamorf
Semuanya harus kita ketahui
Agar mudah untuk mengelompokkan
Kegiatan Inti ( 25 menit )
Ø  Eksplorasi
·       Siswa diajak mengamati berbagai gambar batuan yang ada di papan tulis.
·       Siwa mengulang kembali ciri-ciri batuan berdasarkan gambar.
·       Siswa dibentuk beberapa kelompok heterogen, kemudian dibagikan kartu batuan dan kelompok lainnya mendapatkan kartu huruf berdasarkan ciri-ciri batuan.
·       Siswa memerhatikan aturan mainnya. Masing-masing siswa diminta mencari pasangan kartu bergambar batuan dengan ciri-cirinya.
·       Setelah peluit dibunyikan, siswa segera mencari pasangan kartu yang dimiliki. Jika sudah mendapatkan pasangannya, siswa segera menemui guru untuk memastikan bahwa pasangan kartunya sudah benar. Jika pasangan yang didapatkan belum benar, siswa diminta untuk mencari lagi sampai menemukan pasangannya yang benar.
Ø  Elaborasi
·         Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang ciri-ciri batuan menggunakan gambar di depan kelas.
·         Siswa mendapatkan LKS.
·         Siswa mengerjakan LKS
Ø  Konfirmasi
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi yang baru saja diberikan.
·         Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang diberikan.
·         Siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru diberikan reward
Kegiatan Akhir ( 5 menit )
Ø  Penguatan
·      Menjelaskan kepada siswa tentang materi batuan dengan kehidupan sehari-hari siswa, agar siswa nantinya lebih bijak mengelola sumber daya alam pemberian Tuhan.
c.       Tahap Observasi
Pada pelaksanaan tahap observasi penulis meminta Supervisor 2 untuk mengobservasi pembelajaran yang berlangsung dan mendiskusikannya. Menurut Raka ( 1998: 91-92 ) fungsi diadakannya observasi adalah:
1)      Untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan siklus yang yang disusun sebelumnya.
2)      Untuk mengetahui seberapa jauh pelaksanaan siklus yang sedang berlangsung dapat diharapkan akan menghasilkan perubahan yang diinginkan.
Dalam kegiatan pengamatan/observasi instrumen yang digunakan adalah observasi berstruktur. Pengamat hanya tinggal membubuhkan tanda centang (√) pada tempat yang telah disediakan.
d.      Tahap Refleksi
Kegiatan yang dilaksanakan pada tahap refleksi sebagai berikut:
1)      Melakukan evaluasi dalam hasil pembelajaran.
2)      Melakukan diskusi dengan supervisor 2 dari hasil pengamatan.
3)      Membuat perencanaan perbaikan pembelajaran untuk siklus berikutnya.
4)      Melakukan evaluasi.
Jadi kegiatan refleksi merupakan kegiatan untuk hal-hal tertentu yang kemudian dilanjutkan untuk membuat perencanaan perbaikan pembelajaran siklus berikutnya.
C.    Teknik Analisis Data
Data-data yang diperoleh selama perbaikan pembelajaran dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif deskriptif, terdiri dari analisis hasil evaluasi belajar  dan ketuntasan belajar sesuai KKM yang telah ditetapkan. Analisis hasil evaluasi belajar adalah berupa lembar kerja siswa dan tes akhir, apabila hasil tes pada siklus I  dan siklus II  mengalami peningkatan maka dapat diasumsikan bahwa penerapanmetode make a match dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mendefinisikan jenis-jenis tanah pada mata pelajaran IPA.
Sedangkan ketuntasan belajar sesuai KKM yang telah ditetapkan adalah banyak siswa yang mencapai KKM dihitung kemudian diprosentasekan, dengan demikian peneliti dapat memperoleh gambaran  keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPA dengan menerapkan metode make a match. Adapun penyajian data hasil analisis disajikan dalam bentuk sebagai berikut :
1.      Tabel Analisis Hasil Evaluasi Belajar dan Ketuntasan Belajar siswa
Tabel daftar nilai siswa yang diperoleh sebelum perbaikan pembelajaran, setelah perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II kemudian dihitung rata-ratanya,. Jika perolehan rata-rata hasil evaluasi belajar > 7,0, maka diasumsikan pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Tabel banyaknya siswa yang mencapai KKM disatukan dengan tabel hasil belajar siswa pada waktu sebelum perbaikan, setelah perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II. Apabila jumlah siswa yang mencapai KKM sesuai target kurikulum yaitu 70%, maka dapat diasumsikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa.
b.   Grafik Perolehan Rata-rata Nilai Hasil Evaluasi Belajar

Perolehan nilai rata-rata evaluasi belajar siswa sebelum perbaikan pembelajaran, setelah perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II disajikan dalam grafik perolehan nilai rata-rata siswa. Apabila grafik menunjukkan peningkatan, maka dapat diasumsikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Grafik ketuntasan belajar yaang mencapai KKM disatukan dengan grafik rata-rata hasil belajar siswa.

12 komentar:

  1. Makasih ea pak dah di Uplod mdh"n bermanfaat.
    Mohon saran dan kritikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pa Usep,,, mudh2an ilmu Lap PKP nya bisa ditularkan pada tmn2 mahasiswa UT lainnya,,,,,,

      Hapus
  2. Terima kasih kepada pembimbing pokjar jonggol atas bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Ihat yg baik,,,,, membimbing itu sdh merupakan kewajiban kami,,,, mudh2an ilmu yg didapat di UT bermanfaat,,,,

      Hapus
  3. Terimakasih tentang contoh PKP bab II,,,, mohon di apload bab selanjutnya,,,, trims,,,

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat, Dag dig dug neh mau ujian semester X

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus percaya diri,,, dan harus membaca modul,,, ok,,

      Hapus
  5. Hari Minggu Pertemuan terakhir Tutorial semester X, Seediih...

    BalasHapus
  6. HTTP://WWW.PKPLENGKAP.COM
    SELAIN DI BLOG BAGUS INI, ADA LAPORAN PKP LENGKAP, DOWNLOAD PKP, PKP IPA, PKP MATEMATIKA, PKP BAHASA INDONESIA, PKP TERBARU, CONTOH PKP YANG Bagus untuk rujukan dan tambahan referensi kawan-kawan dalam menyusun LAPORAN PKP UT,..

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak.. sangat membantu saya dalam menyusun PKP. :)

    BalasHapus